Cari Blog Ini

Selasa, 14 September 2010

Penjelasan tentang Daya Kuda, HP, PK

Saat kita berkunjung ke toko alat pendingin ruangan (AC=Air Conditioner), kita akan dihadapkan pada pertanyaan “Mau yang berapa HP atau PK”? Nah, apakah HP itu? Menyatakan apakah HP itu, peralatan apa saja yang memiliki satuan HP itu?

Yang jelas HP yang dimaksud penjual AC itu tidak ada kaitannya dengan Hand Phone atau sejenisnya.

HP disini adalah singkatan dari Horse Power, atau dikenal dengan Tenaga Kuda. (para penjual AC kadang juga menyebutnya PK, yaitu singkatan dalam bahasa belanda “Paardekracht” yang artinya juga adalah TENAGA KUDA).

Istilah Tenaga Kuda (Horse Power) adalah istilah yang diperkenalkan oleh Penemu mesin Uap yaitu James Watt. Saat itu James Watt ingin membandingkan mesin ciptaannya dengan tenaga seekor kuda yang menarik bebannya.

Kali ini istilah pembanding itu juga kerap digunakan untuk menunjukkan berapa besar kekuatan mesin yang dijual. Nah di dalam Ilmu Pengetahuan, satuan “kekuatan” mesin itu adalah dinyatakan dalam Watt, 1 HP adalah sebesar 745 watt (sementara 1 HP = 1,014 PK , walaupun kita selalu menyamakan 1 HP = 1 PK)

Oh ya khusus untuk Mesin pendingin ruangan (AC) “kekuatan” AC yang 1 PK itu bisa untuk mendinginkan ruangan sengan volume 50m3, yaitu ruangan dengan Panjang 4 m, Lebar 5m dan tinggi 2,5 m (tergantung juga sebarapa panas ruangan itu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar